Uncategorized

Harga Ready Mix

Informasi harga ready mix terbaru di tahun 2021 saat ini memang sedang banyak dicari informasinya. Hal Ini disebabkan karena tahun 2021 ini proyek pembangunan memang semakin gencar dilakukan. Dengan demikian, kebutuhan akan beton cor ready mix sangat banyak. Baik itu untuk pembangunan proyek dari pemerintah maupun swasta. Biasanya mereka menggunakan ready mix untuk pembangunan perumahan, apartemen, jalan raya, pergudangan dan juga perkantoran.

Pengertian Ready Mix dan Harganya

Beton ready mix merupakan istilah yang diperuntukkan bagi beton cor yang sudah siap dipakai. Ini merupakan campuran berbagai material bangunan seperti pasir, semen, batu split, fly ash dan juga bahan admixture lain tanpa dilakukan proses pengolahan lagi di lapangan. Umumnya beton readymix diolah pada batching plant sebelum akhirnya dikirim dengan mobil molen truk mixer ke lokasi proyek.

Beton ready mix concrete proses pembuatannya melalui berbagai macam mesin dan juga alat yang telah diperhitungkan ketepatan waktunya. Mulai dari menakar semua bahan material sesuai dengan volumenya. Sampai proses pengisian ready mix ke dalam mobil molen tersebut. Oleh sebab itu, harga ready mix juga lebih mahal dibandingkan dengan beton cor konvensional.

Selanjutnya pengiriman beton ready mix umumnya memakai mobil truk mixer yang telah dikirim dari batching plant yang telah ditentukan wilayah atau zona pengirimannya. Jarak tempuh yang dituju mulai dari batching plant ke lokasi proyek sebaiknya tidak boleh terlalu jauh. Tujuannya supaya kualitas dan mutu dari ready mix kita tetap terjaga hingga ke lokasi proyek.

Beton cor ready mix kemudian diangkut dengan mobil truk mixer. Ukuran dari mobil truk mixer tersebut terbagi dalam dua jenis yakni mobil truk mixer standar dan juga truk mixer mini atau molen kecil. Dengan demikian, anda tak perlu khawatir bila jalanan yang menuju ke lokasi proyek tidak terlalu lebar. Mobil truk mixer bisa tetap membawa ready mix ke lokasi.

Supaya hasilnya bisa lebih maksimal, umumnya beton tersebut akan dipindahkan dari mobil molen ke dalam area pengecoran memakai mobil pompa beton. Fungsi dari pompa beton sendiri adalah memindahkan beton ready mix dengan mesin dari mobil molen ke dalam area pengecoran. Dengan demikian, waktu pengerjaan akan lebih cepat, efisien dan juga bisa lebih hemat tenaga.

Jenis Beton Ready Mix Berdasarkan Fungsinya

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang harga ready mix, kita akan bahas secara tuntas lebih dulu tentang fungsi ready mix. Jika berdasarkan dari fungsinya, beton siap pakai atau ready mix ini terdiri dari berbagai macam kualitas. Dengan demikian, anda juga harus tahu bahwa setiap tipe yang berbeda tentu kualitas yang dihasilkan juga berbeda. Misalnya untuk kelas dasar, umumnya beton ready mix yang dipakai yaitu kelas B-0. Biasanya jenis beton ini digunakan sebagai pengeras untuk struktur tanah.

Beton ready mix ini juga bisa dipakai sebagai dasar sebelum proses pengecoran selesai. Sifatnya akan lebih kasar dan mempunyai kadar semen rendah. Dengan demikian, menjadikannya sulit untuk definisi hingga halus.

Sementara untuk pengecoran non struktural atau pengecoran yang dilakukan di jalanan kecil, anda dapat menggunakan beton ready mix kelas K-125 sampai 200. Hal ini disebabkan karena jenis beton ini lebih ringan dan memiliki tekstur kasar. Tetapi dapat dihaluskan dalam proses finishingnya.

Sedangkan ketika anda ingin memanfaatkan beton ready mix sebagai sebuah pengerjaan struktural seperti pembuatan lantai gudang, pembuatan dak rumah bertingkat, sekolah, ruko dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan beton K-225 sampai 300. Beton ini juga dapat dimanfaatkan untuk jalanan umum yang ada di pedesaan, perumahan, perkotaan dan jalan umum kabupaten.

Selanjutnya fungsi beton yang dipakai di jalanan besar. Seperti jalan provinsi, jalan negara, tol dan juga bandara memerlukan beton ready mix atau beton siap pakai yang ada di kelas K-350 hingga 400. Jenis beton ini dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan proyek khusus. Misalnya kolam renang dan water tank. Sehingga fungsi penggunaan beton ready mix ini sangat banyak dan beragam.

Harga Beton Ready Mix
sangsakha.com

Manfaat Beton Cor Ready Mix

Dalam bidang konstruksi, beton cor memiliki banyak manfaat. Walaupun sangat sering dikatakan beton tersebut adalah batuan tiruan. Mengapa demikian? Sebab beton instan atau beton readymix adalah jenis batuan yang dibuat manusia dengan rongga-rongga antara butiran besar atau agregat halus dan agregat kasar.

Pori-pori atau rongga tersebut diisi dengan semen. Fungsinya sebagai perekat atau pengikat di dalam proses pengerasan batuan tersebut. Sebuah beton nantinya dibentuk berdasarkan dari kebutuhan masing-masing konstruksi. Oleh karena itu, seringkali dijumpai bentuk dan juga jenis beton yang berbeda-beda. Harga ready mix yang ada di pasaran pun juga berbeda tergantung jenisnya.

Misalnya jenis beton instan atau ready mix yang digunakan untuk konstruksi jembatan memiliki perbedaan dengan konstruksi untuk area parkir. Meski demikian, saat anda menggunakan beton ready mix akan mendapatkan banyak manfaat. Seperti tahan terhadap cuaca yang ekstrim. Disamping itu, biaya pemeliharaan beton juga cukup murah dan prosesnya cukup mudah.

1. Memiliki Kemampuan Menahan Beban yang Baik

Ready mix atau beton cor instan yang dibuat dengan bahan yang berkualitas tinggi. Tentunya bisa memiliki kemampuan untuk menahan tekanan atau beban dengan baik. Bila dibandingkan dengan beton konvensional, tentu kualitas dari beton ready mix lebih tinggi.

2. Hemat Waktu dan Tempat

Saat anda menggunakan beton ready mix, maka bisa menghemat waktu sebuah proyek. Dengan demikian, jadwal pengerjaan proyek bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan pekerjaan lapangan lain. Selain itu, juga bisa menghemat tempat untuk proses pengecoran di lapangan. Apalagi bila proyek didirikan di tempat yang memiliki lahan terbatas. Hal ini dikarenakan beton ready mix dapat dicetak berdasarkan kebutuhan serta keinginan.

3. Lebih Tahan Korosi

Beton ready mix atau beton instan ini memiliki sifat tahan terhadap korosi atau pembusukan pada lingkungan di sekitarnya. Sehingga walaupun sering terkena panas atau hujan yang ekstrim, beton ready mix akan tetap kuat dan kokoh. Selain itu, beton ready mix tidak akan membuat proses pengecoran di lapangan. Hal ini bisa mengurangi polusi yang ada di sekitar proyek. Baik itu polusi suara dan juga polusi udara dari mesin pencampur beton tersebut.

4. Multifungsi

Beton ini bisa dibilang multifungsi, sebab hasil seluruh material dari beton ini dapat dipakai untuk menambal retakan di sebuah area atau konstruksi. Selain itu, bisa juga digunakan dalam hal seperti perbaikan retakan bila ada. Beton ini dituangkan menggunakan alat bantu yang memungkinkan anda untuk mengecor lokasi yang sulit. Seperti di area ketinggian gedung yang sulit dijangkau. Caranya dengan menggunakan pompa beton atau concrete pump.

5. Tahan Api

Selain anti korosi, beton ready mix dan beton lain juga lebih tahan api atau tidak akan mudah terbakar. Dengan demikian, beton ini mempunyai kemungkinan usia yang tahan lama untuk sebuah bangunan atau konstruksi. Tak heran bila sekarang banyak orang yang memilih untuk menggunakan beton ready mix untuk proyek yang sedang mereka laksanakan.

6. Kualitas Terjaga

Penggunaan beton ready mix memberikan kualitas yang terjaga. Sebab bahan yang dicampur memakai alat modern yang berada di batching plant. Proses hidrasi mulai dimulai ketika air bercampur dengan semen. Waktu yang diperlukan dari batching plant ke lokasi proyek penting sekali untuk diperhatikan jarak jauhnya. Namun anda tak perlu khawatir, meskipun jauh dapat ditambahkan campuran retarder dan juga fly as yang bisa memperlambat proses hidrasi. Hal ini memungkinkan waktu transit akan lebih lama.

7. Lebih Terjangkau

Pabrik atau industri ready mix melayani berbagai macam penyediaan partai kecil maupun besar untuk setiap proyek. Selain itu, jangkauannya luas di berbagai titik proyek yang berbeda. Bahkan beberapa diantaranya mempunyai harga ready mix yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga beton konvensional. Apalagi bila jumlah ready mix yang dipesan dalam volume yang banyak. Tentunya hal ini akan lebih menghemat budget dan pengeluaran anda untuk produk beton ready mix.

Manfaat Beton Cor Ready Mix

Proses Pembuatan Beton Ready Mix

Kita tahu bahwa harga beton ready mix memang lebih tinggi bila dibandingkan dengan harga beton konvensional. Akan tetapi, kualitas yang dimiliki oleh beton ready mix atau beton instan ini tentu juga jauh lebih baik dibandingkan dengan beton konvensional. Hal ini karena tidak lepas dari proses pembuatan beton ready mix sendiri.

Banyak orang yang memakai beton ready mix karena dinilai lebih praktis dan bisa mempercepat proses pekerjaan di lokasi. Dibandingkan dengan beton site mix yang memerlukan proses pencampuran saat berada di lapangan. Tempat proses pembuatan peta sendiri sering disebut dengan istilah batching plant.

Semua peralatan untuk membuat beton ready mix dengan skala besar sudah tersedia di batching plant. Meskipun dinilai lebih efektif, namun pemakaian beton ready mix juga harus memperhatikan banyak kondisi agar kualitas beton bisa tetap terjaga dengan baik.

Berbagai kondisi tersebut diantaranya jarak dari tempat produksi menuju ke lokasi yang tidak boleh terlalu jauh. Selain itu, persiapan beton ready mix juga harus selesai sebelum proses cor dilakukan. Pemakaian mobil pompa yang berada di lokasi proyek dan lain sebagainya harus diperhatikan dengan baik.

Bahan Material

Ada berbagai macam bahan baku yang diperlukan dalam proses pembuatan beton ready mix. Inilah yang bisa berpengaruh terhadap harga ready mix. Adapun berbagai macam bahan tersebut diantaranya adalah semen agregat kasar yang tersusun dari beberapa komponen. Seperti batu pecah dan batu kerikil. Agregat halus yang terdiri dari air dan pasir serta zat aditif. Zat aditif ditambahkan bersama air ketika proses pencampuran. Hal ini berguna untuk meningkatkan kualitas beton menjadi lebih baik.

Disamping itu, diperlukan juga berbagai bahan pendukung campuran semen berupa fly ash. Fly ash merupakan sebuah material sisa pembakaran dari batubara. Fly ash memiliki fungsi untuk mengefisiensikan komposisi beton dan juga bisa meningkatkan durabilitas.

Pembuatan Ready Mix

Proses yang dilakukan di dalam pembuatan beton readymix oleh pabrik umumnya digunakan untuk skala besar. Dengan demikian, bisa menggunakan alat-alat besar yang pastinya akan memudahkan pekerja konstruksi. Disamping itu, kualitasnya terjamin karena produknya bisa dikontrol dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang ditempuh dalam membuat beton ready mix:

Mulai dari langkah pertama, semen dan fly ash yang dimuat dari truk menggunakan alat yang namanya powder feeding.

Selanjutnya semen tersebut dinaikkan ke atas timbangan menggunakan screw pump. Disini semen ditimbang sesuai mix designMix design adalah proporsi dari setiap bahan yang bisa menghasilkan produk berkualitas.

Anda harus tahu bahwa kelebihan air di dalam campuran bisa menimbulkan porositas dan juga membuat kualitas beton menurun. Sementara semen yang berlebihan tidak menambah kualitas beton. Oleh sebab itu, sebaiknya membutuhkan ukuran yang tepat agar bisa memperoleh produk dengan mutu tinggi. Jadi tentukan terlebih dahulu ukuran setiap bahan yang nantinya akan digunakan.

Agregat lain seperti pasir dan batu dimasukkan dalam masing-masing cold bin. Biasanya untuk mengangkut agregat menggunakan alat wheel loader. Jumlah pasir dan batu yang dipakai tentu juga disesuaikan dengan mix design yang sudah direncanakan.

Campuran batu dan pasir yang dihasilkan nantinya dimuat dan juga diangkat dengan conveyor system. Ini adalah alat mekanik yang memiliki fungsi memindahkan bahan dari tempat yang satu ke tempat yang lain.

Jika semen dan juga agregat lain sudah ditimbang dengan porsi yang pas. Sekarang air dan aditif dimasukkan dalam mixer. Di dalam mixer semua bahan dicampur dan diolah menjadi beton instan atau beton ready mix. Hasil dari mixer tersebut kemudian dimasukkan dalam truk semen dan juga truk beton yang siap untuk mengangkat ke area lokasi proyek.

Harga Beton Cor Ready Mix
sangsakha.com

Memilih Beton Ready Mix Kualitas Terbaik

Saat ini memang banyak penyedia beton ready mix yang menawarkan produk mereka kepada anda. Harga ready mix pun semakin kompetitif. Akan tetapi, anda harus benar-benar teliti dalam memilih produsen ready mix berkualitas. Tujuannya tidak lain agar anda bisa mendapatkan beton ready mix yang bagus dan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk proyek yang sedang anda kerjakan saat ini.

Dalam sebuah usaha konstruksi, beton cor memang menjadi sebuah kebutuhan penting. Salah satunya yang banyak dipakai untuk kegiatan tersebut adalah beton ready mix. Beton ini menjadi salah satu material utama di dalam pembuatan struktur beton bertulang di dalam konstruksi bangunan. Bila anda memutuskan untuk menggunakan beton ready mix dalam konstruksi, maka anda harus memperhatikan beberapa hal ketika memilihnya.

Kualitas Beton Siap Pakai

Ini adalah syarat utama yang harus anda perhatikan ketika ingin memilih ready mix yang bagus. Anda harus selalu mengutamakan kualitas. Saat anda bisa memilih kualitas beton yang sesuai standar dan selalu terjaga, maka bisa dijamin umur bangunan atau umur sebuah konstruksi bisa sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.

Kapasitas Produksi

Anda jangan sampai lupa untuk bertanya kapasitas produksi beton pada batching plant yang dipakai dari produsen. Sampaikan jadwal kebutuhan ready mix anda kepada mereka dan pastikan bisa memenuhi kebutuhan anda. Sebab ada kemungkinan tidak hanya anda yang membeli ready mix kepada penyedia dan produsen ready mix tersebut.

Bandingkan Harganya

Anda tak perlu ragu untuk membandingkan penawaran harga yang diberikan oleh berbagai penyedia ready mix terdekat dengan lokasi proyek anda. Dari sini anda bisa membandingkan manakah yang menawarkan harga lebih terjangkau. Namun selain harga, anda juga harus memperhatikan kualitas seperti yang disebutkan tadi. Dengan kualitas yang bagus, umur konstruksi bangunan anda bisa lebih awet. Sementara dengan harga yang terjangkau, ini tentu akan lebih menghemat budget pengeluaran anda.

Garansi

Anda harus memastikan penyedia ready mix bisa mempertanggungjawabkan campuran beton yang disediakan. Mulai dari segi kualitas atau kuantitas dan volumenya. Bila dibutuhkan, anda bisa menuangkan kontrak perjanjian tentang bentuk tanggung jawab penyedia ready mix. Misalnya jika campuran beton yang disediakan tidak memenuhi standar dari kualitas yang seperti anda minta.

Anda bisa meminta bentuk tanggung jawab berupa pembebanan semua biaya yang berkaitan. Seperti biaya pembongkaran beton yang tidak sesuai mutu serta biaya untuk penggantian beton. Sementara untuk kontraktor pekerjaan yang dibongkar dan dikerjakan lagi adalah kerugian.

Disamping kerugian dari sisi materi, hal ini juga bisa mengakibatkan terlambatnya penyelesaian pekerjaan yang bisa menyebabkan denda. Apakah denda ini menjadi tanggung jawab mereka atau tidak hal ini perlu dibicarakan dengan penyedia ready mix tersebut.

Perbedaan Ready Mix dan Site Mix

Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan antara ready mix dan site mix. Mulai dari kualitas, proses produksi hingga harga ready mix dan site mix pun memiliki perbedaan.

Kualitas Adukan Beton

Beton site mix atau beton cor manual pembuatan adonannya umumnya tidak rata. Dengan demikian, campuran semen, pasir kasar, batu koral dan air tidak bisa tercampur dengan baik. Hal ini tentu akan membuat kualitas beton menurun.

Sementara adukan beton yang telah diproduksi pada batching plant menggunakan material pembentuk beton. Terdiri dari semen, pasir kasar, air dan batu koral dalam sebuah alat yang bernama beton split molen atau concrete mixer. Sesuai dengan takaran permintaan pemesan. Kemudian dikirimkan ke lokasi pemesan dengan bentuk adonan siap pakai memakai mixer truck.

Hasil Cor

Perbandingan antara cor manual dengan beton ready mix dapat dilihat dari hasil cornya. Umumnya cor beton manual memiliki kualitas yang terjamin selama memakai jasa tukang yang ahli dalam bidang tersebut. Sebab bila tidak, maka hasil cor dapat cepat retak. Dengan demikian, hal ini akan memberi dampak buruk jangka panjang bila anda tidak mempertimbangkannya sejak awal. Hal ini tergantung dari kinerja profesional tukang yang anda pilih.

Untuk beton ready mix, karena memakai jasa tenaga yang ahli dalam bidangnya, maka hasilnya terbilang cukup baik. Selain itu juga tergantung dari jenis keunggulan bahan yang dipesan dari perusahaan penyedia jasa tersebut. Karena memakai komposisi material serta adukan yang konsisten, hal ini akan membuahkan hasil berupa kualitas beton yang baik.

Efisiensi Waktu

Dilihat dari segi efisiensi, waktu untuk cor manual atau site mix memerlukan waktu yang lebih lama. Sebab dilakukan dengan proses yang manual dan dikerjakan oleh tenaga manusia. Sementara untuk beton ready mix memerlukan waktu pengecoran singkat bila dibandingkan dengan cor manual. Sebab menggunakan alat canggih yang bisa melakukan cor dengan cepat dan hasilnya memuaskan.

Tenaga Kerja dan Biaya

Perbandingan antara beton site mix dan beton ready mix bisa dilihat dari segi tenaga kerja yang dibutuhkan. Untuk aplikasi cor manual tentu akan membutuhkan banyak tenaga kerja. Hal ini membuat biaya yang dikeluarkan untuk menggaji tukang tidak efisien.

Sedangkan untuk pengecoran dengan beton ready mix tidak memerlukan banyak tenaga. Hanya beberapa tukang saja. Sebab adonan beton yang dimiliki sudah siap tuang. Sehingga tidak perlu jaga tukang mengaduk adonan beton secara manual.

Umumnya jasa tukang yang meratakan adukan beton ke permukaan yang hendak dicor satu paket bila anda memesan beton ready mix di perusahaan layanan tersebut. Hal ini tentu akan membuat biaya yang dikeluarkan untuk beton ready mix lebih terjangkau. Dengan demikian, bisa diartikan harga ready mix lebih terjangkau dibandingkan dengan harga site mix.

Harga Readymix
sangsakha.com

Info Beton Siap Pakai Per M3 di Pasaran

Sebagai salah satu penyedia ready mix, di sini ditawarkan pasokan kebutuhan untuk beton cor siap pakai bagi proyek anda. Berbagai macam jenis ready mix dan juga mutunya disediakan sesuai dengan yang diperlukan. Semua harga yang tertera tidak baku dan bisa memungkinkan anda untuk melakukan negosiasi. Selain mengenal batching plant, di sini juga ditawarkan produk ready mix beton yang siap pakai untuk anda. Semuanya diproduksi oleh produsen ready mix terkemuka yang ada di Indonesia.

Anda bisa melakukan negosiasi dengan menghubungi produsen ready mix yang selalu siap untuk memberikan solusi dan harga ready mix terbaik untuk aktivis konstruksi. Ready mix yang ditawarkan untuk anda dibuat di batching plant dengan beberapa jenis.

A Dry Mix Concrete Plants

Jenis beton yang satu ini sering disebut dengan transit mix plant. Bahan yang digunakan berupa kerikil, pasir dan juga semen. Dengan berat yang telah diukur lewat timbangan, baik manual maupun digital. Bahan ini kemudian dimasukkan dalam mixer truck.

Sementara itu, ditimbanglah air sesuai volume yang dibutuhkan dalam batching plant. Kemudian dimasukkan dalam saluran pemuatan yang sama dalam truk mixer. Semua bahan dicampur dengan minimum putaran 70 sampai 100 kali selama pengangkutan atau perjalanan menuju ke area konstruksi.

Beton Basah

Selanjutnya beton basah adalah beton siap pakai yang berasal dari batching plant yang harus anda ketahui. Biasanya para insinyur akan menggabungkan semua bahan atau beberapa saja yang dibutuhkan dalam proses pembuatan beton. Termasuk air pada lokasi pusat mixer. Beton dan semua bahan yang tercampur diaduk dalam perjalanan menuju ke area konstruksi. Hasil beton basah bisa menawarkan campuran yang dinilai lebih konsisten dengan waktu lebih singkat umumnya kurang dari 5 menit.

Harga Beton Siap Pakai Per M3

Berikut ini akan kami sampaikan harga ready mix per m3 untuk tahun 2021 ini:

Ready mix dengan mutu B-0 dijual dengan kisaran harga 750 ribuan/m3. Sementara untuk mutu K-175 harga jualnya 780 ribuan/m3 dan K-200 dijual dengan harga 800 ribuan/ m3. Untuk ready mix dengan mutu K-225 dijual dengan harga 820 ribu per m3. Untuk mutu beton ready mix K-275 harga jualnya 860 ribuan /m3.

Selanjutnya mutu beton K-300 harga jualnya 880 ribuan/m3. Mutu K-350 dijual dengan harga 930 ribuaan, K-400 seharga 950 ribuan per m3. K-450 harga jualnya berkisar di angka 980 ribuan/m3 dan untuk K-500 haganya 1,2 jutaan dan mutu beton ready mix K-600 dijual dengan harga 1,05 jutaan per m3.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan harga ready mix yang sudah disampaikan di atas. Harga tersebut termasuk PPN sebesar 10%. Selain itu, harga bisa berubah sesuai kubikasi yang dipesan. Pihak pembeli harus bertanggung jawab pada tersedianya jalan yang layak. Kondisi keamanan seperti polisi dan juga masyarakat lokal. Serta jalur menuju lokasi proyek bisa dilalui truk mixer.

Selain itu, harga tersebut bukanlah harga pasti karena masih kisaran harga. Untuk wilayah satu dengan wilayah yang lain tentu harganya juga berbeda. Apalagi produsen ready mix yang satu dengan yang lain, tentu akan memberikan harga yang berlainan. Harga minimum pemesanan sebanyak 6 m3. Sementara dibawah minimum order nantinya akan dikenakan biaya mobilisasi. Sedangkan untuk mini mix sebesar 3 m3.

Selain itu, untuk pembayaran pemesanan ready mix harus dilakukan sebelum proses pengecoran berlangsung. Dengan berbagai macam ketentuan tersebut, anda bisa menyesuaikan saat akan memesan ready mix untuk konstruksi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *