Uncategorized

Jenis Beton Ready Mix dan Keuntungan Menggunakannya

Jenis Beton Ready Mix – Kemajuan zaman menuntut berbagai bidang untuk bisa lebih maju juga, salah satunya yaitu di bidang konstruksi. Saat ini, dalam hal konstruksi juga dituntut untuk cepat dalam bekerja tanpa mengurangi kualitas.

Akhir-akhir ini tuntutan mengenai percepatan di bidang konstruksi dan  pembangunan sudah menjadi prioritas dalam menjalankan berbagai macam proyek yang sedang berjalan. Seperti halnya di negara Indonesia yang saat ini banyak pembangunan infrastruktur yang sedang berjalan.

Untuk mendukung tuntutan percepatan pada pembangunan infrastruktur tersebut harus didukung dengan material dan proses yang cepat dan berkualitas juga. Nah, salah satu kebutuhan terpenting dalam hal konstruksi ini adalah beton cor atau beton ready mix.

Baca juga: Pengertian Beton Readymix, Cara Pembuatan, dan Keunggulannya

Jenis beton cor ini merupakan produk konstruksi yang sudah siap digunakan untuk kebutuhan pengecoran beraneka ragam proyek, khususnya dalam hal sarana transportasi. Beton termasuk salah satu bahan bangunan yang di dalamnya terdiri atas campuran agregat dan semen untuk dijadikan sebagai material pengikatnya.

Untuk bentuk beton yang paling sering dipakai yaitu beton semen Portland yang didalamnya terdiri atas material batu kerikil dan pasir atau agregat mineral, semen serta air.

Sedangkan untuk jenis beton yang dinilai lebih efektif dan modern ada jenis beton ready mix Yang mana jenis beton ini terdiri atas campuran dari bahan pasir yang dibuat dengan formulasi khusus dan juga termasuk dalam kategori beton siap pakai.

Mengenal Jenis Beton Ready Mix

Beton ready mix ini merupakan jenis beton yang telah jadi dan sudah siap untuk digunakan tanpa harus melakukan pengolahan lagi di lapangan pekerjaan anda.

Lain halnya dengan membuat beton dengan metode konvensional yang biasa disebut dengan istilah site mix, yang mana untuk seluruh proses pencampurannya dilakukan di lapangan.

Nah, penggunaan beton ready mix ini bisa untuk mempercepat suatu pekerjaan konstruksi serta bisa menghemat waktu tanpa mengurangi dari kualitas beton tersebut. Kualitas dari beton ready mix yang paling sering dimanfaatkan untuk rumah tinggal yaitu jenis beton ready mix mutu K-225, K-250, dan K-300.

Seluruh proses persiapan untuk beton ready mix sebaiknya sudah selesai semuanya sebelum pengecoran konstruksi tersebut dilakukan. Bekisting yang dipakai sebaiknya kuat, tujuannya tak lain supaya pada saat proses pengeringan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya saja seperti adanya perubahan struktur atau settlement yang bisa menimbulkan beton retak dalam. Biasanya beton ready mix ini dibuat di batching plant milik produsen beton ready mix. Selanjutnya nantinya adonan tersebut akan dipindahkan di dalam mobil molen yang telah diatur waktunya serta jalur pengirimannya.

Untuk jarak tempuh dari batching plant serta lokasi proyek tersebut tidak boleh terlalu jauh. Alasannya yaitu karena jika lokasinya jauh nantinya akan mengurangi tingkat slump yang sudah ditentukan.

Pada saat sudah berada di lokasi proyek, mobil pompa beton sebaiknya harus sudah siap untuk memindahkan beton ready mix dari truk molen yang digunakan ke area pengecoran.

Lalu, apakah peran mobil pompa  dalam hal pekerjaan pengecoran ini? Pastinya dengan menggunakan mobil pompa untuk area cor yang luas dengan jarak jauh jauh bisa menjadi lebih efektif jika dilihat dari sisi waktunya.

Waktu pengecorannya pun juga dapat menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan waktu pengecoran manual. Selain itu, untuk kualitas cornya pun juga dapat lebih  merata kesemua permukaan bidang cor.

Pengenalan Mutu Beton Ready Mix

Mutu beton ini merupakan klasifikasi atau pengelompokan untuk jenis-jenis beton ready mix supaya bisa digunakan untuk konstruksi tertentu serta bisa tepat sasaran.

Kemudian, di dalam pengaplikasiannya juga tidak boleh sembarangan, khususnya di dalam membuat campuran bahan beton dalam  setiap kebutuhannya.

Setelah itu, anda harus tahu juga mengenai pengenalan terhadap kelas serta mutu dari beton.

Adapun pengelompokan atau klasifikasi ini dimulai dari K-100 sampai dengan K-500. Inisial huruf K ini merupakan tanda  kekuatan tekan beton per cm2. Kemudian, untuk angka 100 dan 500 ini untuk menunjukan jumlah beban yang ada dalam satuan kilogram.

Maka dari itu, apabila anda semuanya membaca maupun mendengar istilah beton K-100 itu bisa diartikan sebagai  mutu beton yang mempunyai kekuatan dan bisa menerima beban atau tekan dengan berat 100 kg/cm2. Kemudian, untuk mutu beton jika dikelompokkan juga mempunyai tiga kelas mutu. Diantaranya yaitu seperti beton kelas I, beton kelas II, dan juga beton kelas III.

Baca juga: Pengertian Beton Ready Mix Lengkap dengan Informasi Lainnya

Apabila kita semua sering menyaksikan Beton Ready Mix yang sering diangkut dengan menggunakan mobil truck molen menuju ke suatu proyek pembangunan, atau yang menuju ke perumahan yang sedang ada kegiatan pembangunan rumah 2 lantai, pada umumnya beton tersebut menggunakan jenis cor beton  dengan mutu K-225, K250,  ataupun K-275.

Jika dalam proses pembangunan rumah 2 lantai anda memilih menggunakan beton dengan mutu  K-225, K250,  ataupun K-275, maka dapat dipastikan jika rumah yang anda bangun tersebut bisa dipastikan kuat dan kokoh. Kemudian, untuk beton yang pada umumnya sering dibuat dengan menggunakan campuran 1 pc : 2 psr : 3 koral itu sebanding dengan mutu beton K-200 ke bawahnya. Namun semua itu juga ditentukan dengan kualitas pasir dan koral yang dipakai untuk membuat adonan cor.

Nah, jika anda semuanya memiliki keinginan untuk membangun rumah 2 lantai dan dalam pembuatannya ingin  memakai mutu beton K-225 atau K-275, namun ternyata lokasi rumah anda tidak memungkinkan untuk bisa  dijangkau oleh kendaraan truck mixer, maka cara terbaik yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara anda membuat sendiri adukan beton mutu K-225 dan mutu K-275. Kemudian, pada bagian tiang kolom, sloof, serta balok, sebaiknya memakai beton dengan  mutu K-275. Selanjutnya pada bagian lantainya dapat memakai beton dengan mutu K-225.

Jenis Beton Ready mix

Beton readymix sudah bukan material yang asing lagi di telinga. Sebab, banyak sekali pekerjaan konstruksi, pembangunan, atau pembuatan infrastruktur yang menggunakan beton ready mix ini. Sebab, jika memilih menggunakan beton cor konvensional, maka pekerjaan pastinya tidak akan bisa selesai, dan hasilnya pun juga kurang maksimal. Beton ready mix ini ternyata memiliki jenis yang bermacam-macam dengan manfaat yang berbeda pula. Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah jenis-jenis beton readymix yang perlu anda ketahui;

1. Readymix Kelas BO

Untuk jenis-jenis beton readymix yang pertama yaitu readymix kelas BO. Jenis beton ini akan digunakan sebagai dasar maupun sebagai pengeras struktur tanah yang selanjutnya masih akan dilakukan pengecoran finish mutu ini dengan tekstur kasar dan rendah karena adanya semen, dengan demikian bisa dikatakan cukup sulit untuk definisi halus. Beton Readymix jenis ini dalam pasaran biasanya dijual dengan harga kurang lebih sebesar  730.000 per kubik

2. Readymix K 125 K 175 dan K 200

Untuk beton readymix K 125 k 175 dan K 200 ini pada umumnya dipakai untuk pengecoran non struktural jalan kecil. Misalnya saja digunakan dalam pembangunan jalan lingkungan serta jalan di gang sempit yang membutuhkan intensitas bobot yang ringan, diantaranya seperti sepeda motor dan manusia. Untuk tekstur beton ini juga termasuk dalam kategori beton kasar, meskipun demikian masih bisa dihaluskan untuk tahap finishing.

3. Readymix K 225, K 250, K 275, dan K 300

Jenis beton cor ini juga dapat dipakai untuk melakukan pembangunan atau pengerjaan structural. Misalnya saja seperti pada dak rumah tingkat lantai 2, lantai 3, rumah lantai 4 serta rumah lantai 5. Atau bisa juga untuk dak ruko, sekolah, dak untuk lantai gudang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, jenis beton readymix ini juga bisa digunakan dalam pengerjaan non struktural jalan umum seperti halnya jalan perumahan, jalan di pedesaan, jalan kabupaten, jalan perkotaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Readymix K350, K 375 dan K 400

Berbeda dengan jenis-jenis beton readymix lainnya, jenis beton readymix yang ini digunakan untuk melakukan pengerjaan non-struktural. Misalnya saja pada pembuatan jalan besar seperti jalan negara, jalan propinsi, jalan tol, bandara. Selain itu juga dapat dipakai untuk proyek yang memerlukan treatment secara khusus seperti halnya pada kolam renang, water tank, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Readymix K450 – K500

Untuk jenis beton readymix kali ini banyak digunakan untuk pengerjaan nonstruktural. Yang pada umumnya mempunyai intensitas tonase yang besar atau heavy duty.  Diantaranya seperti pembangunan jalan kawasan industri, bandara udara, dan juga lapangan alat berat, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Jenis Beton Ready Mix Berdasarkan Karakteristik 

Perlu anda ketahui, untuk jenis mutu beton jika dilihat dari karakteristik beton dalam praktek di lapangan bisa  dibagi menjadi tiga bagian. Diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. Beton Non Struktural

Beton non struktural merupakan pekerjaan pengecoran beton yang di dalamnya tidak mengandung unsur strukutral secara langsung, antara lain besi untuk dijadikan sebagai bahan penulangan cor beton. Untuk mutu beton non struktural atau yang sering dinamakan dengan beton kelas I  ini diantaranya yaitu: K-B0 (Nol) K-100, K125, K-150, K-175, dan K-200

2. Beton Struktural 

Perlu anda ketahui, jika beton struktural ini merupakan jenis beton yang di dalamnya terdapat kandungan unsur penulangan besi pada adukan corannya. Untuk beton struktural disini juga meliputi pekerjaan pembesian serta  pekerjaan berupa pengecoran beton. Kemudian, untuk pekerjaan lainnya yang kerap berkaitan dengan pekerjaan beton merupakan pekerjaan penyusunan struktur baja, bekisting beton dan finishing beton. Selain itu juga pekerjaan pondasi beton, pasangan bata dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk mutu beton struktural ini juga dinamakan dengan beton kelas II yang terdiri atas beberapa kelas. Diantaranya yaitu K-225, K-250, K-275 dan juga K-300.

3. Beton Prategang

Beton prategang ini merupakan perpaduan dari beton dan juga baja. Lalu beton ini termasuk materi yang mempunyai daya kekuatan tekan yang tinggi, namun memiliki kekuatan tarik yang rendah. Selain itu baja juga memiliki kekuatan tarik yang dinilai sangat tinggi.

Nah, dengan adanya perpaduan antara kekuatan beton dan juga kekuatan baja, maka nantinya bisa menghasilkan struktur yang kuat pada beban tekan serta beban tarik. Mutu beton ini juga masuk kedalam beton kelas III yang terdiri atas beberapa karakteristik kelas. Diantaranya yaitu seperti K-325, K-350, K-375, K450, dan K-500.

Proses Pembuatan Jenis Beton Ready Mix

Beton ready mix ini dibuat dalam batching plan atau lokasi pembuatan ready mix. Yang mana di lokasi pembuatan ini terdapat peralatan yang dipergunakan untuk membuat adukan semen yang sudah siap pakai dalam skala yang besar. Batching plan ini juga bisa memungkinkan campuran semen serta berbagai macam jenis bahan lainnya akan selalu dalam keadaan tetap konsisten sesuai dengan yang dibutuhkan dalam pengecoran beton.

Ready mix juga dibuat dengan cara mencampurkan beragam raw material. Air bisa memicu reaksi kimia tertentu ketika dicampurkan dengan bahan material semen. Agregate diperoleh dari quary atau dari aktivitas penambangan batu. Untuk volume agregate yang ada pada ready mix ini kurang lebih sekitar 75% dari seluruh berat ready mix.

Aditive bisa ditambahkan sebelum atau ketika sedang dalam proses pencampuran. Nah, untuk aditive beton dilakukan penambahan tujuannya agar bisa mendapatkan keunggulan dari beton yang dihasilkan. Semen digunakan untuk mengikat semua campuran yang itu. Kesemua proses pencampuran material cor beton tersebut dilakukan di batching plan.

Sistem Pengadukan Beton Readymix

Perlu anda tahu, bangunan yang menggunakan cor beton ready mix ini akan memiliki kualitas yang lebih terjaga dari pada yang tidak menggunakan beton jenis ini. Karena, pada proses atu sistem pengadukan bahannya semuanya dilakukan dengan menggunakan perhitungan komputer. Masalah kualitas juga tidak perlu diragukan lagi, sebab semuanya sudah teruji dan bisa dipercaya. Dengan menggunakan beton ini, bangunan anda bisa menjadi lebih kokoh dan tidak akan mudah mengalami kerusakan.

Berbagai macam material yang digunakan untuk membuat beton readymix ini sangat tepat digunakan untuk  pembangunan gedung bertingkat atau dalam pembuatan rumah bertingkat. Bahkan hasilnya juga akan sangat baik pada saat digunakan dalam membuat jalan umum, tempat parkir yang besar, lantai pabrik serta berbagai macam keperluan bangunan yang lainnya. Anda juga akan mendapatkan kemudahan jika memilih menggunakan beton readymix ini.

Baca juga: Mengenal Manfaat, Kelebihan dan Harga Beton Ready Mix

Dalam melakukan pekerjaan, anda semuanya tidak perlu lagi capek-capek melakukan proses pengadukan bahan beton sendiri secara manual. Sebab di cor beton Readymix ini bahan material beton semuanya sudah jadi dan siap untuk dipakai. banyak sekali produsen beton ready mix yang memiliki pabrik batching plant. Yang mana termasuk alat yang dimanfaatkan untuk mencampur material beton secara langsung dari mesin dengan takaran yang tepat.

Sistem pengadukan di pabrik batching plant juga dapat melakukan pencampuran atau pengolahan aneka ragam bahan-bahan material beton yang memiliki ukuran cukup besar. Berbagai macam material yang dimasukkan untuk dijadikan beton juga sudah dengan takaran yang tepat. Takaran tersebut tidak dihitung secara manual, akan tetapi semuanya sudah melalui proses perhitungan digital dengan jumlah air yang tepat.

Semua material yang telah melalui proses penakaran dan penimbangan dari batching plant selanjutnya akan dimasukkan ke dalam truck molen. setelah itu baru diaduk di dalam molen yang biasanya dibawa oleh kendaraan truck tersebut. Nah, mesin batching plant ini hanya dipergunakan untuk menimbang komposisi berbagai macam bahan beton saja. Sebab, setelah itu pengadukan dilakukan pada truk molen.

Truk molen yang mengaduk berbagai bahan material beton tersebut nantinya akan mengantarkan bahan material beton pada para pemesan di lokasi pekerjaan. Untuk proses pengadukannya juga terus dilakukan selama truck ini dalam perjalanan. Mengapa harus diaduk selama dalam perjalanan? Tujuan mengaduk selama perjalanan ini yaitu supaya bahan-bahan beton tidak menjadi cepat mengeras. Sehingga, ketika sudah sampai di lokasi proyek maka proses pengadukannya sudah merata dan bisa langsung digunakan.

Pengadukan berbagai macam bahan pembuatan cor beton di dalam truk molen selama perjalanan juga bertujuan agar percampuran semua bahan bisa lebih merata. Dengan demikian, kualitas beton bisa menjadi tetap terjaga kestabilannya. Selain itu, pada saat berada di lokasi proyek anda semuanya tidak perlu melakukan pengadukan bahan material lagi, karena cor beton ini sudah siap untuk dipakai.

Keunggulan Menggunakan Beton Ready Mix

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa anda rasakan pada saat memilih untuk menggunakan beton ready mix dari pada anda harus beton konvensional dan mengaduknya sendiri. Beton ready mix ini merupakan jenis beton yang masih dalam keadaan segar. Maksudnya beton ini belum mengalami proses pengikatan kimia dan juga belum  mengalami pengerasan. Beton cor ready mix  ini dibuat pada batching plant ataupun pabrik pengolahan yang komponennya meliputi semen, air, pasir dan juga split.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka jumlah komposisi yang ada dari setiap bagian harus bisa tepat sesuai dengan mutu beton yang diinginkan. Sesudah itu, proses pengolahannya sebaiknya juga bisa tepat waktu yang bisa menghasilkan kualitas beton cor yang berkualitas tinggi serta tahan lama. Nah, untuk kelebihan atau keunggulan yang bisa diperoleh saat menggunakan cor beton ready mix yaitu sebagai berikut:

1. Sistem Pekerjaan Dapat Menjadi Labih Efisien

Pada saat anda melakukan pekerjaan dengan beton ready mix, maka waktu yang digunakan untuk pengolahan bisa menjadi lebih efisien dan lebih terasa cepat. Sebab, pengolahannya tidak memakai tenaga manusia, namun  menggunakan tenaga mesin. Selanjutnya, berapa lama waktu pengecorannya juga dapat disesuaikan untuk bisa memperoleh hasil yang baik serta memiliki kualitas prima.

2. Mudah Didapatkan

Jika anda semuanya ingin membeli beton ready mix, maka anda hanya tinggal memilih saja mutu beton apa yang akan anda pesan. Setelah itu, material betonnya akan disiapkan dan siap untuk diolah.

3. Lebih Terjaga Kualitasnya

Apabila kita semua memperhatikan, mutu atau kualitas beton cor ready mix ini sangat terjaga. Mengapa demikian?  Hal ini dikarenakan proses komposisi atau jumlah takaran material sangat tepat. Be;um lagi dengan adanya proses  pengolahannya yang dilakukan dengan hati-hati dan baik. Jadi, bisa disimpulkan jika untuk proses pembuatan beton sendiri sudah sesuai dengan mutu yang diinginkan banyak orang. Sehingga, semuanya itu bisa menjaga kualitas dari awal proses pembuatan hingga cor tersebut siap dituangkan selanjutnya pada proses pengecoran.

4. Pengecoran Bisa Dilakukan Dengan Lebih Cepat

Dari pada anda menggunakan beton cor konvensional, waktu pengecoran dengan menggunakan beton cor readymix ini memang dirasa jauh lebih cepat. Begitu juga ketika menuangkan beton cor tersebut. nantinya sudah terdapat pompa beton yang menjadikan penuangan atau pengecoran lebih cepat. Bahkan, pada saat digunakan untuk bangunan yang cukup tinggi pun bisa dilakukan dengan mudah.

5. Pembelian Skala Besar Harganya Lebih Murah

Salah satu kelebihan yang bisa anda dapatkan dari beton cor ready mix diantaranya yakni seperti harga pembeliannya yang akan lebih murah pada pembelian skala besar. Meskipun begitu, kualitas yang dimilikinya juga  tidak akan berkurang. Namun, jika anda semuanya membeli di skala kecil,  harganya bisa jadi lebih mahal. Semuanya bisa anda pertimbangkan sebaik mungkin.

6. Menghasilkan Beton Yang Berkualitas

Dari berbagai macam sisi,  beton cor ready mix ini tetap memiliki kualitas yang jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan yang konvensional. Ini semuanya disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya seperti dalam hal pemilihan bahan, hingga dengan jenis dan juga mutu beton yang dikehendaki oleh pembeli. Selain itu juga sudah sesuai dengan standar SNI hingga dengan mutu K50.

7. Tahan Dengan Berbagai Macam Kondisi

Selain memiliki kekuatan yang lebih, jenis beton ini juga sudah sudah diakui dengan ketahanan yang dimilikinya. Sebab, untuk jenis beton harga ready mix ini bisa bertahan pada berbagai macam keadaan maupun kondisi lingkungan. Mulai dati saat lingkungan dalam kondisi yang panas, dingin,  hingga saat sedang musim hujan dan lembab. Pada berbagai kondisi tersebut beton ready mix tidak akan mengalami perubahan pada strukturnya. Sehingga bisa dikatakan aman sekali dalam membuat pondasi suatu bangunan.

Terlebih lagi jika di Indonesia kondisi tanahnya dikenal begitu beragam, sehingga bisa menjadikan bangunan yang berdiri diatasnya mudah rusak. Namun semuanya akan berbeda jika anda semuanya memilih menggunakan beton readymix ini. Struktur yang kuat dan juga bisa tetap fleksibel termasuk kelebihan yang dapat bertahan di kondisi tanah seperti di negara Indonesia ini.

8. Bangunan Dapat Menjadi Lebih Stabil

Kelebihan lain yang dimiliki oleh beton ready mix selanjutnya yaitu pada kestabilan yang dimiliki. Jenis beton ini memiliki kelebihan yang dinilai lebih stabil serta bisa lebih seimbang jika dibandingkan dengan jenis beton yang lainnya. Semuanya ini disebabkan oleh beton tersebut dibuat dengan memakai bahan atau material dan juga takaran yang sama. Sehingga dapat menghasilkan beton yang memiliki kekuatan yang merata.

Baca juga: Jenis Beton Ready Mix dan Keuntungan Menggunakannya

Tekanan yang ada dalam satu tumpuannya pastinya tidak hanya di satu tempat saja. Sehingga, bangunan yang dibuat bisa berdiri dengan kokoh dan tetap stabil.  Dengan demikian, anda tidak perlu khawatir lagi bangunan anda akan keropos karena terkena panas dan hujan. Sebab, kondisi cuaca yang seperti itu tidak akan mempengaruhi.

Pemakaian beton ready mix ini semakin banyak sebab keunggulan yang dimilikinya. Bagi anda semuanya yang ingin memiliki bangunan yang kuat dan kokoh anda tidak perlu lagi bingung. Sebab, beton cor ready mix ini bisa menjadi solusi yang tepat. Anda bisa memilih jenis-jenis beton readymix sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bangunan anda semuanya.

Alat Bantu Pengecoran Beton Ready Mix

Dalam hal pemesanan beton ready mix volume kecil yang berkisar antara satu sampai dengan tiga meter kubik akan memerlukan truck mixer mini. Nah, truk mini ini harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan truck mixer biasa yang memiliki kapasitas 7 meter kubik. Mengapa demikian? Sebab, truck mixer mini ini lebih efektif dan bisa digunakan untuk melalui jalan sempit dan juga gang di perumahan. Walaupun begitu, fungsi dan manfaat beton ready mix yang ada pada truck mixer mini atau yang biasa juga sama saja. Alat bantu yang kerap dipakai dalam pengecoran beton ready mix  yaitu concrete pump atau yang banyak dikenal dengan pompa beton.

Fungsi concrete pump yakni untuk memindahkan beton dalam truck mixer di lokasi pengecoran, terlebih jika memiliki jarak yang lumayan jauh. Contohnya seperti di lantai atas dari suatu konstruksi bangunan. Terdapat beberapa jenis concrete pump yang kerap digunakan, diantaranya seperti pompa standar yang memiliki jangkauan 18 meter, pompa long boom yang memiliki jangkauan 30 meter dan ada juga pompa kodok yang jangkauannya dapat mencapai 100 meter.

Informasi Harga dan Penyedia Beton Ready Mix di Kota Anda, Silahkan Kunjungi juga:

Harga Beton Readymix Tangerang, Harga Beton Readymix Bekasi, Harga Beton Readymix Depok, Harga Beton Readymix Bogor, Harga Beton Readymix Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *