Uncategorized

Pengertian Beton Readymix, Cara Pembuatan, dan Keunggulannya

Kesuksesan dari program pembangunan saat ini banyak diwujudkan dengan tersedianya berbagai macam fasilitas dan kepentingan umum yang memadai dan layak untuk dipergunakan. tak bisa dipungkiri jika kualitas sarana dan fasilitas termasuk salah satu aspek penting dan perlu sekali diutamakan untuk kelancaran dalam proses pembangunan. Salah satunya beton readymix.

Nah, agar bisa menghasilkan produk pembangunan yang memiliki kualitas yang unggul, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang profesional, handal dan juga kompeten pada bidangnya. Ini semuanya berkaitan dengan pengembangan teknologi serta aneka ragam inovasi baru yang tepat sesuai dengan kebutuhan serta kegunaannya.

Baca juga: Pengertian Beton Readymix, Cara Pembuatan, dan Keunggulannya

Salah satu teknologi modern yang hingga saat ini dikembangkan di dalam mendukung fasilitas umum yaitu teknologi pembuatan konstruksi dengan beton cor readymix. Teknologi konstruksi readymix ini memang penting sekali untuk dipahami. Mengetahui peranan konstruksi readymix yang penting sekali, terutama dalam hal pembangunan aneka ragam sarana prasarana dan juga fasilitas umum. Lalu apa pengertian beton readymix?

Pengertian Beton Readymix

Pengertian beton readymix yaitu jenis beton yang telah siap pakai tanpa melakukan lagi proses pengolahan di lapangan atau di lokasi proyek yang akan dikerjakan. Ini semuanya berbeda dengan metode konvensional atau yang banyak dikenal dengan sebutan dengan sitemix. Yang mana beton tersebut sebelum digunakan akan diolah terlebih dahulu di lapangan dengan menggunakan mesin molen. Maka dari itu, dibanding dengan sistem site mix, penggunaan sistem ready mix bisa mempercepat pekerjaan, lebih menghemat waktu dan kualitas beton juga bisa lebih terjaga. Sebab, sistem pengolahannya semuanya menggunakan sistem komputerisasi.

Kualitas dari beton ready mix yang kerap dimanfaatkan untuk rumah tinggal yang bertingkat biasanya mutu K 225, K 250, dan juga K 300. Untuk proses persiapan pada beton ready mix sebaiknya telah dinyatakan selesai sebelum waktu pengecoran tersebut dilakukan. Selain itu, bekisting yang dipakai sebaiknya juga sudah kuat supaya selama dalam proses pengeringan tidak terjadi permasalahan seperti keretakan.

Produksi Beton Readymix

Biasanya,  beton ready mix ini dibuat atau diproduksi pada pabrik batching plant, selanjutnya akan dipindahkan ke dalam kendaraan berupa truk molen yang sebelumnya telah diatur waktu pengirimannya. Untuk jarak tempuh batching plan dengan lokasi proyek tidak bisa  terlalu jauh. Sebab, jarak yang jauh bisa mengurangi tingkat slump yang telah ditentukan.

Kemudian pada saat berada di lokasi proyek, mobil pompa beton atau yang juga disebut dengan mobil conncrete pump sebaiknya juga telah siap sedia untuk memindahkan beton ready mix yang telah diproses dari mobil molen ke area bangunan atau konstruksi yang akan dilakukan pengecoran. Perlu anda ketahui jika peran mobil pompa beton ini  pastinya bisa membuat lebih efektif dari segi tenaga dan waktunya untuk area cor yang luas dan jauh, terutama pada saat pengecoran. Selain itu, kualitas beton ready mix ini juga bisa menjadi lebih terjaga.

Nah, di negara Indonesia juga sudah terdapat beberapa perusahaan yang menyediakan beton ready mix.  Diantaranya  yaitu SCG Jayamix Beton, Holcim Beton, Pionir Indocement Tiga Roda Beton, Adhimix Beton, Merah Putih Beton, SGG Beton,CHM Beton, Farika Beton, Pola Beton, dan lain sebagainya.

Pengertian Readymix, Cara Pembuatan, dan Keunggulannya
sangsakha.com

Material Pengisi Beton Readymix

Beton cor ready mix merupakan perpaduan atau campuran dari material antara agregate halus dan kasar, semen, air, udara, admixture, pasir, serta split.  Yang mana kesemuanya itu telah siap untuk dipergunakan tanpa harus melakukan pengolahan lagi di lapangan untuk keperluan pengerjaan pengecoran. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah bahan material yang digunakan sebagai pengisi beton readymix.

1. Agregat

Agregat memiliki komposisi atau kandungan yang bisa dikatakan jumlahnya terbesar,  yaitu sebanyak 65% sampai dengan 70% dari seluruh volume beton. Perlu anda ketahui, jika agregat ini terdiri dari agregat kasar dan agregat halus. Untuk yang agregat halus ini diantaranya adalah pasir, abu batu, serta copper slag atau limbah dari peleburan tembaga. Kemudian, untuk agregat kasar ini berupa kerikil yang merupakan hasil disintegrasi alami dari batuan. Atau bisa juga berupa batu pecah yang didapatkan dari industri pemecah batu.

2. Semen 

Material pengisi beton readymix selanjutnya yaitu semen. Semen adalah material bangunan yang memiliki fungsi sebagai pengikat seluruh material. Perlu anda ketahui jika bahan penyusun semen adalah kalsium. alumina, besi, dan juga silika.

3. Air

Nah, untuk air ini memang merupakan salah satu faktor yang paling penting adanya. Hal ini disebabkan karena air bereaksi dengan semen nantinya bisa berubah menjadi pasta yang fungsinya sebagai pengikat agregat. Penggunaan air  sebaiknya tidak terdapat kandungan lumpur atau benda melayang lainnya yang jumlahnya lebih dari 2 gram per liter. Selain itu, air sebaiknya juga tidak mengandung kadar garam yang bisa merusak. Diantaranya  seperti asam, zat organik yang memiliki kandungan lebih dari 15 gramper liternya. Selain itu, air juga tidak mengandung Klorida (Cl) yang jumlahnya lebih dari 0,5 gram/liter.

4. Admixture (Bahan Tambahan)

Dalam komposisi cor beton readymix, admixture merupakan bahan tambahan yang digunakan selain semen, air dan aggregat yang digunakan untuk campuran segera. Baik itu sebelum maupun selama proses pengadukan berlangsung. Jenis-jenis admixture untuk beton cor diantaranya yaitu:

  • Air Entraining Admixture.
  • Chemical Admixture.
  • Mineral Admixture.

Selain itu, untuk jenis admixture sesuai dengan tipe dan fungsinya adalah sebagai berikut ini:

  • Type A (water reducing), fungsinya yaitu untuk mengurangi jumlah pemakaian air.
  • Type B (retarding), fungsinya yaitu sebagai bahan untuk memperlambat pengikatan atau untuk memperlambat cor-an mengeras.
  • Type C (Accelerating) yang berfungsi untuk mempercepat pengikatan.
  • Type D (Water Reducing & Retarding), fungsinya yaitu untuk mengurangi jumlah pemakaian air dan juga untuk memperlambat pengikatan.
  • Type E (Water Reducing & Accelerating) yang memiliki fungsi untuk mengurangi jumlah pemakaian air serta  mempercepat pengikatan.
  • Type F (High Range Water Reducing), fungsinya untuk mengurangi jumlah pemakaian air lebih dari 12 %.
  • Type G (High Range Water Reducing & Retarding), fungsinya juga bisa untuk mengurangi jumlah pemakaian air yang jumlahnya lebih dari 12 % dan juga untuk memperlambat pengikatan beton.

5. Slump

Slump di dalam beton cor readymix merupakan suatu kekentalan. Untuk slump normal beton cor readymix yaitu 12 +/- 2cm. Slump juga akan berpengaruh terhadap kemudahan untuk bisa mengerjakan beton itu sendiri.  Adukan beton yang kering dan kaku tentunya akan sangat sulit untuk dituangkan dan juga dikerjakan. dan untuk kekentalan beton pada umumnya akan diukur dengan uji slump.

Jumlah pasta semen adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kelecakan atau slump. Pasta semen termasuk  bagian halus atau cair yang ada pada adukan beton, fungsinya tak lain sebagai pelumas. Tak hanya itu saja,  setelah mengeras nantinya slump akan jadi slimut campuran dari beton tersebut.

Jika pasta yang ada dalam campuran beton jumlahnya semakin banyak, maka akan semakin lecak adukan tersebut. Yang berpengaruh terhadap kelecakan beton diantaranya yaitu adanya pengaruh dari agregate, perbandingan agregate halus dan agregate kasar, bentuk butiran agregat atau gradasi dari agregate yang ada.

6. Keawetan Beton atau Durability

Keawetan beton ini memang merupakan ketahanan beton pada serangan bahan yang agresif pada waktu masa penggunaannya. Beton juga bisa menjadi lebih awet jika kedap air serta bisa tahan terhadap aus. Untuk bisa memperoleh beton yang kedap air serta bisa tahan aus, maka beton sebaiknya padat serta memperkecil adanya pori pori yang ada dalam beton keras.

Pengertian Readymix, Cara Pembuatan, dan Keunggulannya
sangsakha.com

Proses Pembuatan Beton Cor Readymix Concrete

Sebagai bahan material untuk pendukung campuran semen, ternyata juga ada material lain yang dinamakan dengan fly ashFly ash ini merupakan bahan baku yang terbuat dari sisa pembakaran batu bara dan memiliki fungsi untuk menjadikan komposisi readymix bisa lebih efisien serta bisa untuk meningkatkan durabilitas. Bahan baku jenis agregat kasar sumbernya asalnya dari batu kerikil sungai. Jika bukan dari sungai, bisa juga batuan tersebut asalnya pecahan batu gunung. Perlu anda ketahui jika agregat kasar bisa dibedakan sesuai dengan ukuran yang dimilikinya.

Perbedaan ukuran dari agregat ini bisa menjadikan adanya pengaruh yang berbeda dalam hal mudah atau tidaknya proses pengolahan readymix. Agregat kasar pada umumnya memiliki ukuran yang lebih dari 4.75 mm. Guna  mengetahui berbagai macam tipe ukuran agregat kasar, maka kita bisa melakukan tahap pengujian yang biasa dinamakan dengan proses grading.

Baca juga: Pengertian Beton Ready Mix Lengkap dengan Informasi Lainnya

Cara pertama yang bisa anda lakukan diantaranya yaitu menyiapkan peralatan seperti halnya ayakan, timbangan dan panci untuk tempat matrial. Setelah itu, anda juga perlu menyiapkan sample bahan uji yang sudah dicuci dan sudah dijemur. Kemudian cobalah untuk menimbang sample matrial tersebut dan tuangkan matrial pada ayakan. Masukan ayakan di dalam alat oven agregat dan keluarkan ayakan dari oven agregat tersebut. Lakukan kembali proses penimbangan tersebut di setiap ayakan.

Dengan proses grading kita bisa mengetahui pengelompokan dari ukuran agregat tersebut. Dengan demikian bisa menjadikan kita semuanya lebih mudah di dalam menentukan tipe mana yang paling cocok dipakai untuk kebutuhan tertentu. Bahan baku dari beton cor readymix yang selanjutnya yaitu agregat halus. Nah, untuk matrial bahan jenis ini diantaranya yaitu pasir sungai dan juga pasir gunung.

Sama halnya dengan agregat kasar, perbedaan dari tipe ukuran agregat halus juga bisa berpengaruh terhadap kemudahan proses pembuatan beton readymix. Untuk agregat halus sebaiknya juga dilakukan proses grading guna  mengetahui dan mengelompokkan jenis ukuranya. Langkah langkahnya pun sama seperti proses grading agregat kasar.

Cara Menguji Kadar Lumpur

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam  mengetahui jenis pasir yang bagus yaitu dapat dilihat dari bentuk serta dari warnanya. Untuk jenis pasir yang bagus yaitu jenis pasir yang berwarna hitam dan berjenis kasar. Kemudian, untuk jenis pasir yang kurang bagus yaitu jenis pasir yang berwarna coklat. Agar bisa memastikan perbedaan pasir yang bagus serta jenis pasir yang kurang bagus memang butuh dilakukan uji laboratorium, salah satunya dengan uji kadar lumpur.

Langkah- langkah yang bisa anda lakukan dalam uji kada lumpur adalah dengan memasukkan pasir ke dalam gelas ukur sebanyak 300ml. Selanjutnya, anda bisa memasukkan serbuk tawas di dalam larutan pasir. Selanjutnya anda bisa tambahkan air di dalam gelas ukur tersebut hingga larutan pasir dapat mencapai skala 500ml.

Gelas ukur tersebut bisa anda kocok selanjutnya diamkan selama beberapa saat, paling tidak selama 15 menit. Maka secara perlahan akan tampak larutan yang bening terpisah dengan larutan yang kotor. Nah, untuk kadar pasir yang bagus biasanya ada sedikit lumpur, sedangkan untuk pasir yang kurang bagus terdapat kadar lumpur yang cukup banyak. Kadar lumpur yang tinggi bisa menjadikan beton cor readymix kekuatan tekanannya bisa menjadi rendah.

Air juga termasuk salah satu komponen pembentuk readymix cor yang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap takaran penggunaan air yang bisa berpengaruh terhadap kekuatan cor readymix. Takaran dari tiap matrial yang dipakai untuk membuat readymix cor bisa berpengaruh pada karakteristik cor readymix yang dihasilkan. Maka dari itu,  kita semuanya harus bisa lebih memahami akan komposisi takaran matrial yang tepat untuk  menentukan kualitas cor  readymix yang  dikehendaki.

Proses Mix Design

Mix design adalah formula maupun ramuan yang dipakai untuk membuat cor beton readymix yang sesuai dengan jenis kebutuhan, sesuai dengan kondisi lingkungan dan juga teknik pengolahan yang dipakai. Dengan melakukan mix design, maka takaran bahan baku bisa diperhitungkan dengan tepat. Dengan demikian, kita bisa membuat readymix cor memiliki kualitas yang terbaik.

Nah, untuk cara yang bisa anda lakukan dalam melakukan prosedur mix design yaitu sebagai berikut ini :

  • Tentukan kuat tekan rencana
  • Tentukan juga perbandingan air semen
  • Menentukan jumlah air rencana yang diperlukan berdasarkan tingkat kelecakan serta ukuran batu pecah yang dipakai.
  • Menghitung jumlah keperluan dari semen rencana
  • Melakukan perhitungan volume komposisi beton untuk /1m3.
  • Menghitung jumlah pasir serta batu pecah dalam /1m3.
  • Perhitungan berat basah beton dalam /1m3

Untuk cara yang bisa anda lakukan dalam pembuatan cor readymix yaitu terlebih dahulu dengan mempersiapkan bahan baku serta peralatan guna membuat cor readymix. Jangan lupa untuk memakai masker, sarung tangan dan sepatu pelindung agar keselamatan bisa lebih terjaga.

Proses perawatannya diantaranya yaitu meliputi penyiraman terlebih dahulu pada matrial yang akan diolah nanti. Tujuannya tak lain untuk membersihkan matrial yang berasal dari lumpur debu maupun benda lain. Proses penimbangan juga perlu dilakukan dengan tujuan untuk menyesuaikan supaya takaran dari tiap matrial jumlahnya bisa sama dengan takaran yang sudah di design.

Pengertian Beton Cor Readymix, Cara Pembuatan, dan Keunggulannya
sangsakha.com

Batcing Plant

Batcing plant merupakan suatu alat yang digunakan untuk mencampurkan matrial dasar cor yang memiliki skala dan jumlah yang banyak. Perlu anda ketahui, jika bagian dari batching plant diantaranya yaitu:

  • Silo yaitu tempat menyimpan semen yang bisa berperan untuk menjaga supaya bisa tetap stabil pada kadar yang baik.
  • Belt konveyor yaitu termasukalat yang bisa untuk menarik matrial pada batching plant.
  • Bin merupakan tempat yang fungsinya sebagai pengumpul bahan matrial dengan bantuan loader serta ditarik ke atas
  • Stronge bin merupakan alat yang digunakan untuk memisahkan fraksi agregat.
  • Dosage pump merupakan alat penambah bahan tambahan yang berupa admixture.
  • Ada juga tempat penampungan air yang fungsinya untuk menyuplay air.

Sesudah proses mixing atau pencampuran matrial terselesaikan, maka kita sudah menghasilkan beton  siap untuk digunakan yang biasa dinamakan dengan readymix cor segar. Akan tetapi, jika secara prosedur readymix cor belum dapat langsung digunakan karena harus melewati beberapa tes pengujian terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas dari beton cor tersebut.

Terdapat beberapa tes pengujian beton cor readymix segar yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah uji slump. Dengan adanya pengujian slump maka kita dapat  mengetahui tentang tingkat kekentalan yang dimiliki oleh  cor ready mix. Untuk nilai standar slump pada cor beton yaitu (+- 12).

Perbedaan Sitemix dan Ready Mix

Dalam hal beton cor, pengolahannya dikenal dengan dua cara yaitu sitemix dan readymix. Sitemix merupakan pengolahan beton di lokasi project dengan memakai mesin pengaduk molen dengan cara manual. Pada saat seluruh materialnya sudah masuk molen diputar, sehingga keseluruhan bahan bisa tercampur secara merata. Barulah bisa ditambahkan air sedikit demi sedikit.

Baca juga: Mengenal Manfaat, Kelebihan dan Harga Beton Ready Mix

Yang menjadi perbedaan dari penggunaan sitemix dengan penggunaan ready mix paling terasa yaitu ketika waktu pengecoran. Seab, pada saat menggunakan ready mix maka akan mempercepat waktu pengecoran,. Bahkan kecepatannya hampir sepuluh kali lipat jika dibandingkan  dengan proses cor beton dengan sitemix.

Tak hanya itu saja, perbedaan juga memiliki pengaruh terhadap penggunaan ready mix yaitu pada jumlah tenaga kerja yang digunakan. Pemakaian jumlah tenaga kerja pastinya akan lebih sedikit dari pada penggunaan sitemix. Di dalam penggunaan site mix membutuhkan lebih banyak orang di dalam proses distribusi beton menuju bekisting. Untuk ready mix , hal ini dapat  di lakukan dengan lebih efisien menggunakan bantuan concrete pump langsung pada bekisting.

Fungsi Beton Ready Mix

Penggunaan teknologi konstruksi beton cor readymix termasuk salah satu cara yang tepat  dan juga efektif terhadap banyaknya resiko yang ada. Khususnya untuk mencegah atau memperkecil timbulnya berbagai macam kerugian, terutama kerugian yang diakibatkan oleh bencana alam.

Bencana alam seperti halnya gempa bumi termasuk salah satu resiko yang menjadikan kita semakin menuntut untuk bisa selalu berupaya semaksimal mungkin di dalam menciptakan konstruksi bangunan yang aman. Sebab, untuk jumlah kerugian matrial maupun kerugian non material pastinya akan sangat besar.

Akibat yang ditimbulkan oleh bencana alam tersebut bisa dikatakan suatu dampak yang berasal dari kegagalan konstruksi suatu bangunan. Dan ini bisa dijadikan sebagai alasan untuk kita agar bisa lebih memahami aspek yang harus diperhatikan pada pembuatan konstruksi bangunan yang baik. Diantaranya yaitu proses pembuatan beton cor readymix concrete.

Cor readymix ini merupakan produk yang diperoleh dari campuran semen dengan berbagai macam material yang digunakan. Diantaranya seperti semen, agregat kasar dalam bentuk kerikil serta batu pecah atau kerap dinamakan dengan split, selain itu juga agregat halus yang lebih dikenal dengan pasir dan juga air.

Beton Ready Mix Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsi yang dimilikinya, beton ready mix atau beton cor curah siap pakai ini terbagi menjadi berbagai macam mutu beton. Dan berikut ini adalah fungsi yang dimiliki dari setiap mutu beton, mulai dari mutu beton ready mix B0 sampai dengan mutu K 500 :

Klass B-0 ini fungsinya sebagai dasar atau sebagai pengeras struktur tanah yang setelahnya  akan dilakukan pengecoran finishMutu ini memiliki tekstur yang kasar dan juga rendah kadar semen. Dengan demikian akan terasa sulit untuk di finish halus.

Baca juga: Jenis Beton Ready Mix dan Keuntungan Menggunakannya

K 125, K 175 dan K-200 berfungsi untuk pengecoran non struktural jalan kecil. Misalnya saja seperti jalan lingkungan serta jalan gang sempit yang membutuhkan intensitas bobot yang ringan. Diantaranya seperti motor dan juga manusia. Beton ini memiliki tekstur yang cukup kasar, namun masih dapat dihaluskan untuk tahap finishing .

K 225, K 250, K 275, dan K 300 bisa digunakan untuk pengerjaan structural seperti halnya pada dak rumah tingkat lantai 2, lantai 3, lantai 4 maupun gedung lantai 5. Bisa juga dipakai pada dak ruko, sekolah, lantai gudang, dll. Bisa juga digunakan dalam pengerjaan non struktural jalan umum, diantaranya seperti jalan perumahan, jalan kabupaten, jalan pedesaan, dan lain sebagainya.

K 350, K 375 dan K 400 bisa dipakai dalam hal pengerjaan non-struktural jalan besar seperti pada jalan negara, jalan tol, jalan provinsi, bandara. Bisa juga digunakan dalam pengerjaan kolam renang.

K-450 – K 500 bisa digunakan untuk melakukan pengerjaan nonstruktural yang mempunyai intensitas tonase yang besar (heavy duty) diantaranya seperti jalan kawasan industri, lapangan alat berat, bandara udara dan lain sebagainya.

Pengertian Ready Mix, Cara Pembuatan, dan Keunggulannya
sangsakha.com

Keunggulan Beton Cor Readymix

Jika anda mencoba menggunakan beton cor readymix dalam pengerjaan konstruksi, maka anda akan merasakan berbagai macam keunggulan dari beton cor readymix ini. Diantaranya adalah seperti berikut ini;

1. Sudah Terpercaya Dari Dulu

Jenis beton cor readymix ini ternyata sudah sangat terpercaya. Bahkan, untuk jenis beton cor ini sudah sangat populer pada abad ke 21 di dalam dunia konstruksi.  Beton cor readymix  juga kerap dipakai untuk membuat dak cor lantai bangunan, jalan serta bangunan pabrik.  Tak hanya harga ready mix yang murah, akan tetapi penggunaan beton cor ready mix ini juga bisa menjadikan pekerjaan lebih cepat dan bisa lebih hemat tenaga.

2. Beton Readymix Keadaan Segar atau Siap Pakai

Keunggulan menggunakan beton cor readymix yang selanjutnya yaitu keadaan beton cor yang masih segar serta siap untuk dipakai.  Beton jenis readymix ini memang belum terjadi proses pengikatan serta proses pengerasan.  Kemudian, yang membedakan dari jenis beton cor lain yaitu untuk beton cor jenis readymix ini ada tambahan bahan kimia(admixture) yang belum tentu terdapat pada jenis yang lainnya.

3. Pengiriman Lebih Cepat

Beton cor readymix juga selalu dikirim ke lapangan menggunakan jenis  mobil mixer dengan tepat waktu.  Dengan demikian, para kontraktor bisa menjadi lebih mudah dan juga bisa lebih cepat di dalam melakukan pengerjaan proyeknya.  Untuk sistem pemesanannya juga  selalu ada pada pengawasan. Selain itu juga dioperasikan dengan komputer, dengan demikian barang bisa selalu sama dengan spesifikasi yang diharapkan.

4. Campuran Material yang Tepat

Keunggulan yang bisa anda peroleh selanjutnya yaitu campuran material dari beton cor readymix yang tepat.  Dengan demikian, hasil dari pengecorannya pun bisa menjadi maksimal.  Untuk keunggulan yang ini sangat jarang anda jumpai pada jenis beton cor yang lainnya. Maka dari itu, beton cor jenis ini sudah dipercayai oleh seluruh  masyarakat.

Tak hanya terpercaya saja,  cor beton readymix ini  sudah siap pakai,  pengirimannya juga cepat dan campuran materialnya juga tepat,  beton cor readymix ini masih memiliki kelebihan-kelebihan lain jika di gunakan.  Penggunaan nya pun bermacam-macam,  bisa di gunakan untuk bangunan sekolah,  kantor,  kolam renang dan juga proyek-proyek yang lain.

Kemudahan Pemesanan Beton Readymix

Pemesanan cor beton readymix ini sangat mudah, apabila anda semuanya ingin membangun beton menggunakan cor beton readymix. Dari mulai cara pemesanan telah banyak layanan maupun jasa ready mix yang memberikan banyak pilihan. Inilah yang menjadikan pekerjaan beton anda bisa menjadi semakin mudah.

Sebab, anda semuanya hanya perlu menghubungi marketing pemasaran maupun jasa yang sudah bersedia untuk meninjau lokasi proyek dalam membantu perhitungan kubikasi dengan menyeluruh serta meninjau kelayakan jalan untuk menuju lokasi proyek. Dengan menggunakan cor readymix, maka pekerjaan bisa menjadi lebih mudah, hemat tenaga, waktu serta biaya.

Informasi Harga dan Penyedia Beton Ready Mix di Kota Anda, Silahkan Kunjungi juga:

Harga Beton Readymix Tangerang, Harga Beton Readymix Bekasi, Harga Beton Readymix Depok, Harga Beton Readymix Bogor, Harga Beton Readymix Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *